Blog ini seperti eskampiun….

Menggosok gigi saat berpuasa

Menyikat gigi saat berpuasa boleh tidak ya..????…  Saya benar-benar ingin menggosok gigi. Ya, walau nafas orang yang berpuasa kelak di syurga bagaikan wangi bunga kasturi, tapi tetap saja saya tidak tahan dengan bau nafas yang seperti bangkai tikus ini…

Ada yang bilang,makhruh…. karena dikhawatirkan menelan air walau sedikit…
Ada yang mengatakan sunat… karena itu bersih dan bersih sebagian dari iman..

Jadi, sebenarnya yang manaaAAAAAA…?????
aaaaRRRgggHHHH… !!

Dan akhirnya saya menemukan jawabannya:)

Informasi ini saya dapatkan saat menonton anak sholeh di MNC TV dalam acara anak sholeh, yang dibawakan oleh Ustad Sholeh Mahmoed (Solmed). Sepintas saya mendengar bahwa hukum menyikat gigi saat berpuasa adalah sunat sebelum matahari tergelincir (waktu dzuhur) dan makhruh setelah matahari tergelincir…. Tapi, masalahnya, saya tidak mencatat bagaimana bunyi haditsnya 😦

Humh, nggak afdol dong kalau nggak saya posting bagaiman bunyi hukumnya,,…. Tenang, saya sudah browsing kok :),…

Dalam kitab-kitab fikih diterangkan bahwa sebelum matahari tergelincir atau sebelum Dzuhur, maka kita disunnahkan atau dianjurkan untuk menggosok gigi. Namun, ketika sudah lewat waktu Dzuhur, maka gosok gigi saat berpuasa hukumnya Makruh. Sedangkan hadist yang mendukung humum tersebut , diantaranya diriwayatkan oleh Imam Qobroni dalam kitabnya Mu’jam, Rasulullah bersabda, ” Hai umatku, bila kamu sedang melakukan puasa maka lakukanlah gosok gigi itu di waktu pagi dan jangan menggosok gigi saat sore hari. Karena siapa yang saja yang berpuasa dan kedua bibirnya dalam keadaan kering maka itu akan menjadi Nur atau Cahaya di hari kiamat ” Sementara menurut hadist yang di riwayatkan oleh HR. Bukhori Muslim Rasulullah SAW bersabda , yang artinya ” bau mulutnya orang berpuasa oleh Allah dianggap lebih wangi dari minyak misik, yaitu minyak yang paling wangi. Nah, biasanya bau mulut itu muncul setelah tergelincirnya matahari atau setelah tengah hari ” [radiopatria.net]

Baiklah, sekian dari saya, semoga terjawab sudah kebingungan anda 🙂

Ada juga nih:
10 gangguan syetan saat sholat. Apa saja.???
Pilihan Jus Buah untuk berbuka puasa. Enak nih…
Tips dan trik pakaian muslimah
Kehilangan sendal di mesjid? ini solusinya
Menyikat gigi saat berpuasa, boleh ngga’ yaaa.? Ini Jawabnnya
Rahasia Dibalik gerakan sholat

Comments on: "Menyikat Gigi Saat Berpuasa, Boleh/ Tidak?" (2)

  1. Tulisan yang bagus..

    Sory late to comment.. Hiks

    Suka

Mau meninggalkan Jejak? Silahkan Like Pada Facebook/ Follow Pada Twitter/ Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini :) Terimakasih :)