Blog ini seperti eskampiun….

Biar sholat kita makin top markotop, kenali 10 gangguang syetan saat kita sholat. Buatlah dia menjadi kehabisan cara untuk menganggu kita… hahaha,,.. mampus lu syetan.!! upzZ

1. RAGU-RAGU SAAT TAKBIRATUL IHRAM

E,, tadi wudhu’nya udah benar apa belum ya..???
Tadi niatnya, sholat apa ya.???
Ibnul Qayyim berkata, “Termasuk tipu daya syaitan yang banyak menggangu mereka adalah was-was dalam bersuci (berwudhu) dan niat atau semasa takbiratul ihram dalam solat”.

baru takbiratul ihram aja, sudah diganggu,,.. hmm,,, memang setan.!!

2. SALAH DALAM BACAAN SHOLAT

ihdinassyirotholmutaqiim atau mutaqiin ya..???
Sahabat Rasulullah SAW Iaitu ‘Uthman bin Abil ‘Ash datang kepada Rasulullah dan mengadu,”Wahai Rasulullah, sesungguhnya syaitan telah hadir dalam solatku dan membuat bacaanku salah”. Rasulullah SAW menjawab, “Itulah syaitan yang disebut dengan Khinzib. Apabila kamu merasakan kehadirannya, maka meludahlah ke kiri tiga kali dan berlindunglah kepada Allah SWT. Aku pun melakukan hal itu dan Allah SWT menghilangkan gangguan itu dariku”. (HR. Muslim)

3. LUPA JUMLAH RAKA’AT YANG TELAH DIKERJAKAN

Yang ini raka’at ke 3 apa ke 4 ya..??
Abu Hurairah r.a berkata, “Sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda, “Jika salah seorang dari kalian solat, syaitan akan datang kepadanya untuk menggodanya sampai ia tidak tahu berapa rakaat yang ia telah lakukan. Apabila salah seorang dari kalian mengalami hal itu, hendaklah ia sujud dua kali (sujud sahwi) semasa masih duduk dan sebelum salam, setelah itu baru mengucapkan salam”. (HR Bukhari dan Muslim)

4. ADA-ADA SAJA YANG TERINGAT

Ya ampun,,. nasi belum dimasak..
E iya,,.. kunci tadi aku letak dimana ya.???
Abu Hurairah r.a berkata, “Rasulullah SAW bersabda, “Apabila dikumandangkan azan solat, syaitan akan berlari sambil terkentut-kentut sampai ia tidak mendengar suara azan tersebut. Apabila muazin telah selesai azan, ia kembali lagi. Dan jika iqamah dikumandangkan ia berlari. Apabila telah selesai iqamah, dia kembali lagi. Ia akan selalu bersama orang yang solat seraya berkata kepadanya, ingatlah apa yang tadinya tidak kamu ingat! Sehingga orang tersebut tidak tahu berapa rakaat ia solat”. (HR Bukhari)

5. TERBURU-BURU

Belum buat tugas, sholatnya cepat-cepat aja laaa
Ibnul Qayyim berkata, “Sesungguhnya tergesa-gesa itu datangnya dari syaitan, karena tergesa-gesa adalah sifat gegabah, yang menghalangi seseorang untuk hati-hati, tenang dan santun serta meletakkan sesuatu pada tempatnya.”

Pada zaman Rasulullah SAW ada orang solat dengan tergesa-gesa. Akhirnya Rasulullah SAW memerintahkannya untuk mengulanginya lagi karena solat yang telah ia kerjakan belum sah. Rasulullah SAW bersabda kepadanya, “Apabila kamu solat, bertakbirlah (takbiratul ihram). Lalu bacalah dari Al-Qur’an yang mudah bagimu, lalu rukuklah sampai kamu benar-benar rukuk, lalu bangkitlah dari rukuk sampai kamu tegak berdiri, kemudian sujudlah sampai kamu benar-benar sujud dan lakukanlah hal itu dalam setiap rakaat solatmu”. (HR Bukhari dan Muslim)

6. MELAKUKAN GERAKAN YANG TIDAK PERLU

Dahulu ada seorang sahabat yang bermain kerikil ketika sedang tasyahud. Ia membolak-balikkannya. Melihat hal itu, maka Ibnu Umar segera menegurnya selepas solat: “Jangan bermain kerikil ketika solat kerana perbuatan tersebut berasal dari syaitan. Tapi kerjakan seperti apa yang dikerjakan Rasulullah SAW”. Orang tersebut bertanya, “Apa yang dilakukannya?” Kemudian Ibnu Umar meletakkan tangan kanannya diatas paha kanannya dengan jari telunjuk menunjuk ke arah kiblat atau tempat sujud. “Demikianlah saya melihat apa yang dilakukan Rasulullah SAW”, kata Ibnu Umar. (HR Tirmidzi)

7. CLINGAK CLINGUK KE KANAN DAN/ KE KIRI

Lihat kanan… lihat kiri…
Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a, ia berkata, “Saya bertanya kepada Rasulullah SAW tentang hukum melihat ketika solat”. Rasulullah SAW menjawab, “Itu adalah curian syaitan atas solat seorang hamba”. (HR Bukhari)
Nah, mulai sekarang,.. lihatnya ke tempat sjud aja yaaa…

8. MENGUAP DAN MENGANTUK

Kalo yang ini, saya sering nih.. apa lagi saat sholat tarawih… ternyata:
Rasulullah SAW bersabda, “Menguap ketika solat itu dari syaitan. Oleh itu bila kalian ingin menguap maka tahanlah seboleh mungkin”. (HR Thabrani).

9. BERSIN-BERSIN SAAT SHOLAT

“Menguap dan bersin dalam solat itu dari syaitan” (Riwayat Thabrani). Ibnu Hajar mengulas kenyataan Ibnu Mas’ud, “Bersin yang tidak disenangi Allah SWT adalah yang terjadi dalam solat sedangkan bersin di luar solat itu tetap disenangi Allah SWT. Hal itu tidak lain karena syaitan memang ingin menggangu solat seseorang dengan berbagai cara”.

10. TERASA INGIN BUANG ANGIN ATAU BUANG AIR

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang dari kalian bimbang atas apa yang dirasakan di perutnya apakah telah keluar sesuatu darinya atau tidak, maka janganlah sekali-kali ia keluar dari masjid sampai ia yakin telah mendengar suara (keluarnya angin) atau mencium baunya”. (HR Muslim)

.

Thanks to:kafemuslimah.com,menjaga-bumi.blogspot.com

.

Ada juga loo artikel yang lain:

UpGrade Diri
Kita[perempuan] di mata mereka [laki-laki]
Menyikat gigi saat berpuasa, boleh/ tidak?
Rahasia dibalik gerakan sholat

Comments on: "Kenali 10 Gangguan Syetan Saat Sholat" (8)

  1. Terimakasih atas artikelnya, sangat berguna ^^
    Tapi untuk nomor 1 dan 9 solusi nya bagaimana ya?😀
    Dan untuk nomor 2, meludah ke kiri 3x nya itu boleh pada saat solat atau setelah selesai solat?
    Mohon balasannya, terimakasih ^^

    • sama2,..
      kalo saya mah,untuk no 1,.. yakin aja kalo wdhu’nya udah bener… untuk no 9, biasanya sih di tahan dalam hal menguap kalo bersin,. nah itu yang saya tidak tau. bersin mah susah nahannya…
      untuk yang no 2,.. langsung saat sholatnya

  2. TERIMAKASIH atas artikel nya barusan saja ane mendapatkan gangguan dari setan…alhamdulilah setelah ane memludah ke kiri 3x,ambil hudu trus sholat,membaca ayat kursi …baca do’a…atas izin ALLOH badan q jadi tenang lagi

  3. es kampiun…
    makasih buanget looh diingetin..
    tp betewe…
    itu hadis2 nomor berapa yaa? biar lebih detail gitu..
    makasih lagi… ^_^

    • sama2. saling mengingatkan itu memang kewajiban setiap muslim.
      kalo soal hadis nomr brapa brapanya, saya juga kurang tau, karena artikel ini gabungan dari beberapa artikel lain… lihat aja di link sumbernya…..

  4. haturrr nuhunnn

Mau meninggalkan Jejak? Silahkan Like Pada Facebook/ Follow Pada Twitter/ Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini :) Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s