Blog ini seperti eskampiun….

Sebenarnya, kalau ditanya kepada setiap manten kenapa memilih dia? mungkin jawabannya hampir sama. YAKIN. Ya, memang begitulah dan entah kenapa rasanya yakin ajaaaaa gitu. Percayalah, akan ada saja hal-hal yang membuat kamu yakin dengannya. Hal-hal tersebut akan saya rangkum menjadi 5 Ciri-ciri Dia Jodohmu, sekalian saya kasih contoh sesuai pengalaman saya. (Sekaligus ini melanjutkan postingan sebelumnya)

1. Mudah mendapatkan restu orang tua

Ridho Allah bergantung pada

ridho orang tua. Pernikahan bukan main-main. Pernikahan adalah (insya Allah) akan menjadi ibadah terlama di dalam hidup. Kalau saja pernikahan tidak diridhoi orang tua, bagaimana 5 atau 10 tahun ke depan?

Mencarikan jodoh adalah kewajiban orang tua yang nantinya akan mereka pertanggungjawabkan di akhirat, jadi jangan salahkan orang tua kalau ingin yang terbaik untuk anaknya.

Ada yang bilang, “Tapi ini bukan zaman Siti Nurbaya”. Baik, jika kamu ingin menolong orang tua dengan cara mencari jodohmu sendiri, silahkan. Tapi ingat, orang tua harus riho dan restu dengan pilihanmu.

Mungkin ada banyak kasus diluar sana ketika tidak mendapat ridho orang tua, ya saya hanya bisa menyarankan:

PERTAMA, bawa sholat, do’a, tawakal. Karena Allah yang Maha Tahu apa yang terbaik untuk hambaNya. Boleh jadi kita menyukai sesuatu tapi ternyata tidak baik. Dan Allah lah yang bisa membolak balikkan hati manusia.

KEDUA, ajak bicara orang tua dari hati ke hati. Turunkan ego, bicara dengan pelan apa yang tidak disukai orang tua dari calon. Yakinkan orang tua dengan pilihanmu.

KETIGA, minta bantuan orang lain. Jika orang tua menganggap kita terlau kecil, minta bantuan kepada orang lain yang perkataannya didengar oleh orang tua, entah itu Tante/ Om.

Jika ketiganya masih tidak berhasil, dan seandainya aku diposisi itu, maka aku akan lebih memilih orang tua, karena sekali lagi pernikahan mencari ridho Allah dan ridho Allah bergantung pada orang tua. Adakalanya feeling orang tua itu bener lo.

Kalau berbicara soal calon, Ibu saya sangat menyukai dia ini.

Screenshot_2019-09-23-14-10-37-968_com.instagram.android

.

2. Mampu berbaur dengan keluargnya.

Nggak harus punya keterampilan khusus sih soal ini. Cukup bawakan diri berada di keluarga sendiri. Nggak semua orang bisa berbaur sejak pertama kali bertemu. Tapi, kalau memang dia jodohmu, biasanya silahturahmi akan tetap berjalan di hari berikutnya. Entah itu orang tuanya akan menanyakan bagaimana kabarmu, atau mungkin orang tuanya akan memberikan penilaian tentangmu dan hebatnya lagi kalau kamu diajak ketemuan lagi oleh keluarganya.

Berbaur dengan keluarganya itu penting. Kenapa? Karena kamu akan menjadi bagian dari keluarga itu. Menikah bukan hanya menyatukan kamu dan dia, tapi menyatukan dua keluarga.

Ingat, jangan cuma kamu aja yang bisa berbaur dengan keluarganya, dia juga harus bisa berbaur dengan keluargamu. Karena kalian akan menjadi keluarga besar.

Kalau saya sih tipe orang yang tidak mudah berbaur dengan orang lain, bukannya pemilih, hanya saja tidak bisa memaksakan diri untuk akrab dengan semua orang. Tapi alhamdulillah sejak awal pertama bertemu dengan keluarga dia, saya merasa tidak ada sekat.

Screenshot_2019-09-23-14-10-48-507_com.instagram.android

3. Tiga YES

Apa itu Tiga YES? Kamu bisa mengenali seseorang dari:
SATU: Agama keluarganya. Jika kamu menilai bahwa agama sangat dijunjung dalam keluarganya, selamat berarti (Insya Allah) calonmu juga termasuk orang yang beragama. Karena pendidik pertama itu berasal dari keluarga.

DUA: Sikapnya di dalam keluarga. Bagaimana dia memperlakukan orang tuanya, maka seperti itulah dia akan memperlakukanmu. Coba lihat bagaimana keharmonisan dia dengan orang tuanya, dengan saudaranya. Kurang lebih dia nantinya akan memperlakukanmu seperti itu juga. ‘Kan kamu bakal menjadi bagian dari keluarganya. Semoga deh, dia tipe orang yang menjaga keharmonisan keluarga.

TIGA. Temannya. Selain keluarga, ada lagi yang sangat mempengaruhi karakter seseorang, teman. Nah, kalau kamu memang bagian darinya, dia akan mengenalkanmu kepada teman-temannya. Kamu bisa menilai bagaimana teman-temannya. Biasanya, bagaimana teman seseorang, seperti itulah cerminan dirinya. Akan ada kesamaan sifat walau tidak semuanya. Untuk zaman sekarang, mudah saja mengenali temannya, lihat bagaimana postingannya. Kamu akan bisa menilai bagaimana orang itu.

Jika berdasarkan penilaianmu ketiganya adalah YES, selamat berarti kamu sudah bisa menerima dia apa adanya. Hal ini juga bisa jadi patokan buat yang taaruf. Toh nggak perlu pacaran untuk mengenal seseorang.

Screenshot_2019-09-23-14-10-56-955_com.instagram.android

4. Dunia terasa kecil

Kamu pernah tau nggak ada teori yang mengatakan bahwa di dunia ini antara satu orang dengan orang lain maksimal hanya berjarak 5 orang?

Nah, biasanya ini kejadian, tau tau dia kenal temanmu. Atau temannya adalah temannya temanmu.

Screenshot_2019-09-23-14-11-04-093_com.instagram.android

Siapa tau jodoh ada disekitarmu, atau jodoh adalah orang yang kamu kenal.

5. Dia adalah jawaban do’amu.

Percayalah, jika kamu melibatkan Allah dari awal proses pencarian jodoh, Insya Allah, Allah akan menunjukkannya padamu entah itu dengan berbagai kemudahan yang kamu rasakan. Kamu bisa menjalani setiap hambatan dan Allah menyatukan hatimu dan hatinya. Allah akan mengabulkan setiap do’a entah itu di dunia atau di akhirat. Kamu akan merasakan ‘klik’ padanya, dan kamu tidak bisa menjelaskan kenapa dia? Yang kamu tau adalah ‘iya, dia’ dan kamu merasa tentram dengannya, karena pada akhirnya pernikahan itu diharapkan samara: Sakinah (ketentraman), Mawaddah (kasih sayang) wa Rahmah (rahmat)

Screenshot_2019-09-23-14-11-12-427_com.instagram.android

=======

Jika kamu mengalami satu dari ciri-ciri di atas,
Saya cuma bisa bilang:
Jodoh nggak bisa dipaksakan

Jika kamu mengalami beberapa dari ciri-ciri di atas,
Saya akan mengatakan: Apa yang ditakdirkan untukmu akan jadi milikmu,
dan apa yang bukan untukmu tak akan menjadi milikmu

Jika kamu mengalami semuanya,
Saya mengatakan: Semoga jodoh

Mau meninggalkan Jejak? Silahkan Like Pada Facebook/ Follow Pada Twitter/ Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini :) Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: