Blog ini seperti eskampiun….

Apa itu CCW???

CCW 1, 2, 3, 4, 5, 6

.

Disunnahkan makan bersama dengan menggunakan tangan. Bukan berarti tidak boleh makan dengan sendok dan garpu.  Dari hasil penelitian, ternyata makan dengan tangan membantu pekerjaan usus, sehingga membuat tubuh lebih sehat…

Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika dia minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula.” (HR. Muslim no. 2020)

Sumber

Saat saya mencari hadits di atas, saya menemukan hadits ini. Saya baru tau dengan hadits di bawah, dan saya sering bertemu dengan kasus di bawah ini, dimana banyak orang yang tidak mau makan dengan tangan kiri, dengan alasan kidal. 

Ada seorang laki-laki yang makan di samping Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dengan tangan kirinya. Maka Rasulullah bersabda, “Makanlah dengan tangan kananmu!” Dia menjawab, “Aku tidak bisa.” Beliau bersabda, “Semoga kamu tidak bisa?” -padahal tidak ada yang mencegah dia makan dengan tangan kanan kecuali karena sombong-. Setelah itu tangannya tidak bisa dia angkat sampai ke mulutnya.” (HR. Muslim no. 2021)

Na’udzubillah minzalik. Semoga kita di hindarkan dari hal ini.

Nabi saw juga menyunnahkan duduk saat sedang minum, karena minum dengan duduk filternya d ginjal lebih smpurna

Dalam suatu hadist diriwayatkan, “Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri.” Qotadah berkata: “Bagaimana dengan makan?” Beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi,” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Hadist lainnya,
“Jangan kalian minum sambil berdiri! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan!” (HR. Muslim).

sumber dan untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada artikel berikut Penjelasan Ilmiah Larangan Makan dan Minum Sambil Berdiri

Nabi juga menyunnahkan saat makan duduk stengah jgkok. Namun di masyarakat kita, ini tidak sopan, padahal ini sunnah.dan manfaat duduk setngah jongkok dapat menghindarkan kita dari masalah usus, dan ambeyen….

untuk lebih lengkapnya dapat dilihat di link berikut: 3 Posisi Duduk yang Dianjurkan ketika Makan

selain itu saat tidur juga disunnahkan menghadap ke kanan dengan wajah mnghadap k sebelah barat. Hal ini bagus untuk jantung kita yang posisinya di kiri, dan mmbuat pergerakan jantung lancar.

.
Saat ini umat islam lebih suka cara-cara yahudi dan nasrani. Umat islam sudah sering meninggalkan sunnah Nabi. bahkan sunnah Nabi dianggap aneh.
.
Sholat identik dengan islam, siapa yag meninggalkan sholt, KAFIR.
.
Kita sudah jarang membaca alqur’an. Tidak ada alasan untuk tidak bisa baca alqur’an. Dan TIDAK ADA KATA TERLAMBAT.

WAH,. benar sih. Belakangan saya sendiri sudah mulai jarang membaca al-qur’an. Saya jadi kepikiran untuk menerapkan program membaca alqur’an setelah magrib di rumah. Membaca alqur’an di antara waktu magrib hingga isya bareng-bareng di rumah. Tadarusan bareng di rumah. Ya, tak ada kata terlambat untuk memulai.  

Tapi masalahnya, soal makan malam gimana ya? Berarti makan malamnya sebelum magrib. Saya pulang kerja jam 5, apa bisa dari jam 5 hingga jam 6 memasak?? Nggak ada salahnya juga sih untuk di coba dulu.

etika-membaca-alquran

Sumber gambar

Membaca alqur’an itu merupakan kewajiban orang tua. Ada 3 kewajiban orang tua kepada anak:

  1. Memberi nama yang baik
  2. Mengajarkan alqur’an
  3. Mencarikan jodoh yang baik….

Membaca alqu’an setiap hari akan mempengaruhi ke jiwa kita. Selain sudah jarang membaca alqur’an, kita juga sudah jarang melaksanakan sholat ke mesjid. Padahal, orang yang bolak balik rumah mesjid, atau kntor msjid, Allah berkata saksiknlah merka adalah orang yang beriman. Kenapa? Karena hanya orang beriman yang akan pergi ke mesjid, mana mungkin orang musyrik yang akan meramaikan mesjid.

ISI Padangpanjang, 17 Februari 2017

Iklan

Comments on: "CCW 7 :Sunnah Nabi yang terabaikan" (4)

  1. jangan lupa sholat 5 waktu 🙂
    Bismillah jumat berkah ya

    Suka

  2. […] Kepanjangan CCW…  CCW 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 […]

    Suka

  3. […] Tanda-tanda Kehancuran CCW5: Tanda Allah menyayangi hambanya CCW 6: Malaikat Izrail Tepat Waktu CCW 7 :Sunnah Nabi yang terabaikan CCW 8: Ibu adalah Madrasah Utama CCW 9: Doa dan Ilmu seorang muslim CCW 10: Investasi […]

    Suka

Mau meninggalkan Jejak? Silahkan Like Pada Facebook/ Follow Pada Twitter/ Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini :) Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: