Blog ini seperti eskampiun….

img20170111152928

Sebenarnya sih, beban juga. dikira semua penyiar bisa nge-MC. Padahal, memang iya. kecuali aku. ahahah…. kalo aku… aku mah apa atuh…

Malu juga sih sebenarnya. Masak penyiar ga’ bisa MC. Huff… kata siapa?
Aku bisa keleus…. Bisa tapi kok kelabakan pas disuruh jadi MC???

Oke,ini tantangan. Mau sampai kapan aku nggak bisa? So,ini adalah tanggung jawab sebagai mantan penyiar. Hahaha….

Dengan modal teknik vocal pas siaran dulu, dan dengan modal youtube, aku mendapatkan dua contoh MC yang menurut aku bagus.

pertama 

video ini bagus sebagai contoh MC acara formal. kalimat pembukaannya , susunan acaranya, bagus sebagai contoh…..

dan, contoh video kedua

video ini bagus sebagai contoh teknik menjadi MC, gimana cara mempersilahkan, gimana cara berdiri, senyum dan sebagainya….

Nah, jadilah MC ala-ala aku. Hahah….

Berikut ini aku bakal share tips menjadi MC. Setidaknya kalo disuruh MC lagi, aku tinggal search postingan ini aja. Soalnya, beberapa kali jadi MC, kendalanya itu melulu: Bingung memulai bikin script.

1. PASTIKAN DRAFT SUSUNAN ACARA SUDAH OKE

Walau sebenarnya nggak akan oke, karna bisa jadi terjadi perubahan susunan acara yang mendadak. Ini sering kali terjadi. Jadi, waspadalah. waspadalah.

2. PASTIKAN JENIS ACARA

apakah acaranya formal banget, kayak upacara bendera yang kita nggak perlu lagi mikirin kata sambutan,dsb tinggal baca kertas aja. atau acara semi formal, kayak yang mau aku bawain, yaitu acara sosialisasi.
Atau non formal, yang menuntut kita untuk mengenal audiens. kalau audiensnya anak muda, kita harus gaul, tau bahasa anak muda zaman sekarang. atau kalau audiensnya anak-anak, harus mengenal hal hal yang disukai anak-anak, atau audiensnya ibuk2????…. jangan sampai, acara semi formal jadi kayak acara ulang tahun. Tempatkanlah sesuai pada porsinya.

3. BUAT SCRIPT

Contoh script aku:

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.
Yang terhormat *), Pembantu Rektor I ISI Padangpanjang, Bpk. Ediwar S.Sn., M.Hum, Ph.D
Yang kami hormati Pembantu Rektor II ISI Padangpanjang, Bapaka Purwo Prihatin, S.Sn., M.Hum
Yang kami hormati, Pembantu Rektor III ISI Padangpanjang, Bapak Firdaus,S.Sn., M.Pdt
Yang kami hormati para Dekan Fakultas beserta jajarannya,
Yang kami hormati, para kepala UPT beserta jajarannya,
Yang kami hormati para kepala biro beserta jajarannya.
Kami juga ucapkan selamat datang kepada para narasumber dan para peserta yang kami hormati pula.

*) yang terhormat hanya satu dan ditujukan kepada pejabat yang paling tinggi jabatannya.

Dengan mengucap puji dan syukur atas kehadirat Tuhan YME atas berkah dan ridhonya, Bapak Ibuk dapat hadir dalam acara Sosialisasi Permenristekdikti No. 31 Tahun 2016 tentang Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kemenristekdikti. Yang diselenggarakan pada hari ini, Selasa, 29 November 2016. Bertempat di Gedung Rektorat ISI Padangpanjang.

Agar acara berlangsung dengan lancar dan juga bermanfaat bagi seluruh peserta yang hadir, marilah bersama-sama kita memulai acara ini dengan membaca basmalah. Bismillahirrahmanirrahim…..

Acara selanjutnya pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Sdr. Arfan Novendi
………

Acara selanjutnya Pembacaan Laporan Kegiatan oleh Ketua Pelaksana, kepada Bapak Mulyawan, S.Kom., MH. dipersilahkan
…………..

Acara selanjutnya Sambutan sekaligus pembukaan acara sosialisasi oleh Pembantu Rektor II, kepada Bapak Purwo Prihatin, S.Sn., M.Hum dipersilahkan
…………
Terimakasih kepada Bapak Purwo Prihatin yang telah memberikan sambutan sekaligus membuka acara kita pada hari ini.

Baik, acara selanjutnya, penyampaian materi dan juga diskusi, dimana nanti akan langsung didampingi oleh xxxxxxx. Kepada moderator dan pemateri, waktu dan tempat dipersilahkan.

Saya Imelda Dewi Agusti undur diri, terimakasih atas perhatian. Wassalamu’alaikum Wr.Wb **)

.**) Biasanya kalau di kantor aku, MC hanya untuk pembukaan acara saja. Selanjutnya diserahkan ke moderator, makanya aku langsung mengundurkan diri sebelum penyampaian materi.

4. LATIHAN

Perbanyak latihan di depan kaca, untuk melihat smile voice, jangan sampai kita membawa acara dengan muka datar, muka cemberut. Ingat, MC itu bakal jadi pusat perhatian. Selain itu jangan rupa rekam suara kita, dan dengarkan. Apakah intonasinya sudah pas? Kalimatnya sudah pas? speednya sudah pas?.Jika belum, ulangi terus sampai pas

5. BANYAK MINUM AIR

Hal ini bertujuan untuk mencegah masalah tenggorokan menjelang hariH, selain itu untuk menjaga diri kita agar bisa fokus.

6. BAWA PENA

Berhubungan sama nomor 1, karna akan ada banyak hal yang perlu dicatat atas perubahan-perubahan.

7. DATANG LEBIH AWAL.

Walau udah ada gladiresik, nggak ada salahnya kita tetap datang lebih awal pas hariH. Kalau bisa, sebelum banyak orang yang datang, setidaknya ini akan membuat kita nggak demam panggung, bisa nguasain panggung dan yang paling penting adalah kita udah nguasain mic. Karena pasangan kita untuk saat ini adalah mikrofon. jadi, harus pedekate secara intens dulu.

8. KUDU WAJIB HARUS BACA DOA

Baca do’a dulu sebelum maju

img_20170115_150632

QS Taha 25-28

9. TIME IS YOURS

Saatnya perform.! Semangat. Semoga Berhasil.

10. BACA HAMDALAH

Jangan lupa bersyukur, karena apapun yang terjadi adalah yang terbaik, sesuai kemampuan kita. Nggak ada manusia yang sempurna. Yang terpenting: kita sudah mengusahakan yang terbaik. Berbuat sejauh ini, berani unjuk gigi. Berani mengambil resiko adalah sebuah kemajuan. Jadikan pengalaman.!!

*10 Tips ini berdasarkan pengalaman di hari ini, saat membawakan acara sosialisasi.

img_20161129_090714

Acara Sosialisasi

Terimakasih untuk bang Riki Noveriko yang udah mau mendengarkan suara rekamanku.

Padangpanjang, 29 November 2016

Iklan

Comments on: "MC acara sosialisasi" (1)

  1. […] Baca: Tips Menjadi MC ala Imelda […]

    Suka

Mau meninggalkan Jejak? Silahkan Like Pada Facebook/ Follow Pada Twitter/ Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini :) Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: