Blog ini seperti eskampiun….

Selamat Hari Pahlawan…

Hari ini saya mau bahas sosok pahlawan HR Rasuna Said. Banyak yang mengira bahwa beliau adalah pahlawan nasional laki-laki, dengan asumsi H adalah singkatan dari kata “Haji”. Atau juga karena nama HR Rasuna Said di jalan protokol sering berdekatan dengan nama-nama pahlawan seperti Sudirman, Imam Bonjol, Pattimura. Padahal, ‘H’ adalah singkatan dari “Hajjah”, lalu, kira-kira ‘R’nya singkatan dari apa ya.??? Raden?? SALAH BANGET.!!

images

  1.  Nama lengkap: Hj. Rangkayo Rasuna Said (sumber)
    .
  2. Lahir pada 15 September 1910, di Desa Panyinggahan, Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (sumber)
    .
  3. H. R. Rasuna Said bukan seorang pria. Beliau wanita berjilbab. Dan walaupun dianggap sebagai orang yang berjasa besar bagi negeri ini, beliau bukan pejuang fisik layaknya Diponegoro atau Cut Nyak Dien. Rasuna Said ialah pejuang pena. Beliau salah satu wartawan perempuan pertama di nusantara.(sumber)
    .
  4. Singkatan “H. R.” sendiri jika dijabarkan ialah “Haji Rangkayo”. Beruntung terlahir dalam keluarga terpandang dan berada (gelar “rangkayo” alias orang kaya itu menandai statusnya ini) (sumber).
    .
  5. Pernah dipenjara Belanda pada tahun 1932 karena memprotes ketidakadilan Pemerintah Hindia Belanda. (sumber)
    .
  6. Seperti Kartini, ia juga memperjuangkan adanya persamaan hak antara pria dan wanita (sumber)
    .
  7. Awal perjuangan beliau dimulai dengan beraktivitas di Sarekat Rakyat sebagai Sekretaris cabang (sumber)
    .
  8. Setelah menamatkan jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), Rasuna Said remaja dikirimkan sang ayah untuk melanjutkan pendidikan di pesantren Ar-Rasyidiyah. Saat itu, ia merupakan satu-satunya santri perempuan. Ia dikenal sebagai sosok yang pandai, cerdas, dan pemberani. Rasuna Said kemudian melanjutkan pendidikan di Diniyah Putri Padangpanjang (Padangpanjang adalah kota tempat tinggal saya saat ini… hehehe), dan bertemu dengan Rahmah El Yunusiyyah, seorang tokoh gerakan Thawalib. Gerakan Thawalib adalah gerakan yang dibangun kaum reformis islam di Sumatera Barat. Banyak pemimpin gerakan ini dipengaruhi oleh pemikiran nasionalis-Islam Turki, Mustafa Kemal Atatürk (sumber)
    .
  9. Rasuna Said sangatlah memperhatikan kemajuan dan pendidikan kaum wanita, ia sempat mengajar di Diniyah Putri sebagai guru. Namun pada tahun 1930, Rasuna Said berhenti mengajar karena memiliki pandangan bahwa kemajuan kaum wanita tidak hanya bisa didapat dengan mendirikan sekolah, tetapi harus disertai perjuangan politik. Rasuna Said ingin memasukkan pendidikan politik dalam kurikulum sekolah Diniyah School Putri, tetapi ditolak. Rasuna Said kemudian mendalami agama pada Haji Rasul atau Dr H Abdul Karim Amrullah yang mengajarkan pentingnya pembaharuan pemikiran Islam dan kebebasan berfikir yang nantinya banyak mempengaruhi pandangan Rasuna Said (sumber).
    .
  10.  Pernah duduk menjadi Anggota DPR-RIS dan Dewan Pertimbangan Agung (sumber)
    .
  11. H.R. Rasuna diangkat sbg Pahlawan Nasional  dgn Surat Keputusan Presiden R.I. No. 084/TK/Tahun 1974 tanggal 13 Desember 1974 (sumber)
    .
  12. Rasuna Said menghembuskan napas terakhir pada tanggal 2 November 1965 di ibukota. Jenazahnya disemayamkan di Taman Makam Pahlawan. Setelah beliau mangkat, namanya diabadikan sebagai nama sebuah gedung wanita di Jakarta dan juga ruas jalan protokol yang membujur dari di Jakarta Pusat (kawasan Menteng) ke Selatan (kecamatan Setiabudi dan Mampang) (sumber)

 

Semoga postingan ini menginspirasi buat pemuda pemudi Indonesia saat ini, terutama buat kaum wanita dari ranah minang. terkhusus untuk saya sendiri…

 

*) Postingan ini saya kutip dari berbagai sumber. Jadi, tidak ada jaminan saya atas kebenaran isi konten.

Mau meninggalkan Jejak? Silahkan Like Pada Facebook/ Follow Pada Twitter/ Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini :) Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s