Blog ini seperti eskampiun….

Photo0359

Tak terasa, kita sudah sampai dipenghujung ramadhan 1434H. Lebih nggak terasa lagi ketika memasuki mesjid Jami’ Nurul huda -mesjid deket rumah-… Beda dengan tahun-tahun sebelumnya, dan mungkin beda dengan mesjid2 yang lain. Biasanya kalo di ujung ramadhan, saf dari jama’ah hanya 1 baris,.. atau satu setengah,.. ini mah,.. masih bnyak,.. lebih dari separoh mesjid lah nampaknya,.. keren kan..??? ALHAMDU… LILLAH,… salut deh buat jama’ah mesjid Jami’ Nurul Huda. Dimanakah itu mesjidnya?? di Kelurahan Silang Bawah, Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat, Negara Indonesia, Benua Asia, Planet Bumi, Tata Surya, Galaksi Bima Sakti,…………

Kembali ke topik,..

Jadi, tadi itu pak ustadnya (lupa nama ustadnya) bahas tentang 6 amalan sukses di bulan Ramadhan (Nggak ingat judul persisnya apa),.. Check this out…. kurang lebih isinya tu seperti ini. Namun telah ditambah dengan beberapa sumber lain…

1. Puasa.

Ibadah puasa merupakan salah satu sarana penting untuk mencapai takwa, dan salah satu sebab untuk mendapatkan ampunan dosa-dosa, pelipatgandaan kebaikan, dan pengangkatan derajat. Allah telah menjadikan ibadah puasa khusus untuk diri-Nya dari amal-amal ibadah lainnya.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. “(Al-Baqarah : 183). 

Taqwa itu, di tunjukkan dengan perbedaan yang lebih baik antara sebelum ramdhan dengan sesudah ramadhan.

2. Melaksanaan Ibadah khusus ramadhan.

Ibadah manakah yang dimaksud? Pada bulan Ramadhan ini disunatkan shalat tarawih, yakni shalat malam pada bulan Ramadhan, untuk mengikuti jejak Nabi, para sahabat dan Khulafaur Rasyidin.

Sabda Nabi:”Barangsiapa mendirikan shalat malam Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah) niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. ” (Hadits Muttafaq ‘Alaih). 

Sholat tarawih itu, ada yang 8 raka’at,.. 20 raka’at,.. bahkan 36  raka’at. Kemudian di ikuti dengan sholat witir yang jumlah raka’atnya ganjil. Ada yang menyebut bulan Ramadhan sebagai bulan Alqur’an. Salah satunya karena al qur’an diturunkan di bulan Ramadhan. Jadi tidak salah kalo kita berbondong-bondong pengen khatam alqur’an di bulan Ramadhan ini. Hayooo siapa yang sudah khatam qur’an di ramadhan tahun ini?

3. Zakat,

Apalagi zakat fitrah. Bayarnya jangan pas mau sholat ied, kan orang yang menerima zakat juga mau lebaran. Kalau mepet gitu mah, kapan mereka mudiknya? kapan mereka beli baju lebarahnnya? (begitu kata bapak ustadnya). Memang boleh sebelum sholat ied, tapi kan kurang afdol. Apa salahnya waktu pertengahan ramadhan Ya tak???

dari amalan yang nomor 1 sampai 3 sudah kita kerjakan, kalopun baru sadar, “eh kayaknya masih kurang afdol lah,.. gimana nih???” tenang masih ada 3 amalan sukses yang akan kita kerjakan,.. apa itu????

4. Takbiran

Disyari’atkan mengumandangkan takbir pada malam ‘Idul Fitri. Firman Allah Ta ‘ala :

“Dan hendaklah kamu mengagungkan Allah (mengumandangkan takbir) atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu. “

Mari kita takbiran, kita agungkan nama ALLAH di akhir ramadhan, setelah sholat isya,.. Sediiihhhh…. Besok udah selasa,,.. rabunya kita udah takbiran..😦 cepat kali terasa….

5. Ied Fitri

Ini dia hari kemenangan kita. Nah, di hari kemenangan ini kita harus menjaga tali silahturahmi. Apalagi menyambung tali silahturahmi orang tua kita, itu harus dicapai tuh sebagai bentuk birrul walidain kelas atas…

Sebagaimana hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dari sahabat Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘anhuma.

Artinya : Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya termasuk kebaikan seseorang adalah menyambung tali silaturrahmi kepada teman-teman bapaknya sesudah bapaknya meninggal” [Hadits Riwayat Muslim No. 12, 13, 2552]

Dalam riwayat yang lain, Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘anhuma menemui seorang badui di perjalanan menuju Mekah, mereka orang-orang yang sederhana. Kemudian Abdullah bin Umar mengucapkan salam kepada orang tersebut dan menaikkannya ke atas keledai, kemudian sorbannya diberikan kepada orang badui tersebut, kemudian Abdullah bin Umar berkata, “Semoga Allah membereskan urusanmu”. Kemudian Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘anhumua berkata, “Sesungguhnya bapaknya orang ini adalah sahabat karib dengan Umar sedangkan aku mendengar sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

“Artinya : Sesungguhnya termasuk kebaikan seseorang adalah menyambung tali silaturrahmi kepada teman-teman ayahnya” [Hadits Riwayat Muslim 2552 (13)]

6. Puasa 6 di Bulan Sya’ban

Puasa enam hari di buian Syawal setelah Ramadhan, merupakan pelengkap dan penyempurna pahala dari puasa setahun penuh.

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّ وَ مِنْكُمْ

Lihat Juga: menyikat gigi saat berpuasa boleh tidak???pilihan aneka jus buah untuk berbuka puasa, dan sebagainya

Sumber: ustad ybs, http://muslim.or.id, http://s-wied.blogspot.com, http://abu0mushlih.wordpress.com, HItam Putih Trans7 (Edisi 5 Agustus 2013), Tabligh Akbar TV one  (Edisi 5 Agustus 2013), http://infoanyar.com

Mau meninggalkan Jejak? Silahkan Like Pada Facebook/ Follow Pada Twitter/ Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini :) Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s