Blog ini seperti eskampiun….

Jadi,.. begini saudara-saudara…
yang harus dipahami terlebih dahulu adalah PENGERTIAN dari gas rumah kaca itu sendiri, barulah kita nyambung jika membicarakan EFEKNYA…

pengertian

Jadi,.. begini saudara-saudara…
Panas matahari ke bumi. Kemudian permukaan bumi akan memantulkan kembali sebagian dari panas ke luar angkasa, sedangkan sebagiannya lagi terperangkap di atmosfer Bumi. Gas-gas tertentu di atmosfer akan menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Inilah yang menyebabkan bumi tetap hangat, nggak dingin. Menguntungkan bukan.???

aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Gas rumah kaca adalah istilah untuk gas yang terperangkap di atmosfer bumi. Gas-gas tersebut menyelimuti bumi, sehingga membuat panas matahari yang masuk ke bumi tidak bisa dipantulkan kembali ke luar.

Mengapa dikenal dengan istilah gas rumah kaca?
Biasanya para petani Eropa dan Amerika Serikat menggunakan rumah kaca di saat musim dingin tiba. Tanaman-tanaman yang ditanam di dalam rumah kaca ini akan tetap hidup dan tidak mati membeku oleh pengaruh musim dingin karena kaca akan menghalangi panas metahari yang masuk dan memantulkan kembali keluar. Rumah kaca ini bisa digunakan untuk pembibitan dan berfungsi untuk menghangatkan tanaman yang berada di dalamnya. Rumah kaca ini sendiri sudah ada sejak abad ke-16 di Eropa dan biasa digunakan untuk membudidayakan mawar, lobak, sawi, brokolo, atau tanaman lainnya di musim dingin.

Macam-macam gas rumah kaca:

  • Uap air, uap air ini dapat menjadi sebuah ‘lingkaran setan’, karena dengan semakin meningkatnya suhu bumi, maka air (laut, danau, dll) akan semakin banyak yang menguap dan menambah jumlah uap air di atmosfer, dengan kondisi demikian suhu bumi pun akan semakin meningkat, karena uap air juga merupakan gas rumah kaca.
  • Karbondioksida (CO2), gas CO2 adalah faktor kedua terbesar penyebab pemanasan global. Tetapi, inilah faktor yang paling mungkin untuk kita kendalikan dalam rangka mengendalikan pemanasan global, karena sebagian besar gas CO2 diproduksi dengan kesadaran kita sendiri (pembakaran, industri, dll), berbeda dengan uap air yang menguap dengan sendirinya.
  • Metan, merupakan insulator (zat penyerap, tidak menghantarkan, isolator) yang efektif, mampu menangkap panas 20 kali lebih banyak bila dibandingkan karbondioksida. Metana dilepaskan selama produksi (penambangan, pengeboran) dan transportasi (pengolahan) batu bara, gas alam, dan minyak bumi. Gas ini efeknya lebih parah daripada CO2, tetapi jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding CO2, sehingga dampaknya tidak sebesar CO2.
  • Nitrogen oksida, adalah gas insulator panas yang sangat kuat. Ia dihasilkan terutama dari pembakaran bahan bakar fosil dan oleh lahan pertanian. Nitrogen oksida dapat menangkap panas 300 kali lebih besar dari karbondioksida.
  • Klorofluorokarbon (CFC), gas ini dihasilkan oleh pendingin-pendingin yang menggunakan freon, seperti kulkas, AC, dll. Gas ini selain mampu menahan panas juga mampu mengurangi lapisan ozon, yang berguna untuk menahan sinar ultraviolet masuk ke dalam bumi.
  • dll

EFEK

Jadi begini saudara-saudara,…
Berawal dari revolusi industri pada akhir abad ke-18. Revolusi Industri adalah perubahan pola produksi yang dulu menggunakan tenaga manusia (pekerja) menjadi menggunakan mesin dan teknologi (industri). Tujuan dari Revolusi Industri ini adalah untuk mencapai keuntungan yang lebih besar, karena penggunaan mesin dianggap lebih efisien dari pada menggunakan tenaga manusia. Sejak saat itu juga bahan bakar fosil mulai digunakan secara intensif. Hasil pembakaran tersebut terdiri dari beberapa gas rumah kaca. Makin banyak gas rumah kaca, itu artinya makin banyak panas yang terperangkap, maka akan menyebabkan pemanasan global. Nah, disinilah letak masalahnya…. Oleh karena itu, konsentrasi gas rumah kaca harus ditekan…

Ada enam gas rumah kaca yang dikategorikan berbahaya sehingga emisinya harus dapat dikendalikan. Keenam gas tersebut adalah karbon dioksida (CO2), metana (CH4), nitrous oksida (N2O), sulfur heksafluorida (SF6), perfluorokarbon (PFC), dan hidrofluorokarbon (HFC). Selain keenam gas tersebut, ada beberapa gas lain yang juga dapat memberikan kontribusi pada pemanasan global, yaitu uap air (H2O) dan ozon troposferik (O3). Gas rumah kaca bersifat tidak reaktif (inert) dan memiliki waktu tinggal yang sangat lama di atmosfer (dapat mencapai ratusan tahun). Oleh karena itu, gas ini dapat bertahan sangat lama di atmosfer dan bersifat akumulatif sehingga efek rumah kaca yang diakibatkan akan sangat berbahaya jika emisinya tidak terkendali.

sedikit tambahan,,….

Dampak pemanasan global sangat mengerikan, dampanya akan saling berhubungan dan berakhir fatal.

1.

Pemanasan global

Perubahan iklim bumi

Tumbuhan yang tidak dapat beradaptasi punah

Rantai makanan terganggu

Hewan yang mengkonsumsi tumbuhan tersebut punah

Manusia sebagai konsumen tertinggi pun akhirnya akan punah..

2.

Pemanasan global

Mutasi virus

Virus semakin bervariasi dan semakin ganas (virus semakin agresif dalam suhu tinggi, nyamuk semakin berkembang biak pada suhu tinggi)

Banyak penyakit baru

Kematian meningkat

3.

Pemakaian zat-zat yang merusak ozon (O3)

Sinar matahari (ultraviolet) dengan intensitas tinggi langsung masuk ke bumi

Kanker kulit

4.

Pemanasan Global

Perubahan iklim bumi

La Nina (pengingkatan curah hujan), El Nino (kemarau berkepanjangan)
Banjir dan kekeringan

Musim tidak dapat diramalkan, panen gagal

Krisis air dan pangan (bencana kelaparan)

Perang Dunia III (memperebutkan daerah yang masih memiliki air bersih dan subur, hal ini sangat mungkin karena terbukti bahwa telah terjadi perang untuk memperebutkan daerah penghasil minyak bumi, dan rempah-rempah)

Apa yang akan terjadi pada Perang Dunia III. Bom atom pada Perang Dunia II, giliran nuklir kah pada PD III, atau senjata biologis? [herwin]

Semoga semuanya baik-baik saja. AMIN

Referensi:
gawkototabang.wordpress.com
herwin.wordpress.com
ikalima.com
mcarmand.blogspot.com
dosen mata kuliah pencemaran udara saya, Ibuk Hafidawati..

Sumber gambar:herwin.wordpress.com

Comments on: "Jadi Efek Gas Rumah Kaca Itu Sebenarnya Bagaimana…????" (3)

  1. kalau begitu bahaya sekali bila bumi ini terjadi efek rumah kaca ya, sebelum itu terjaid mari sama2 menjegahnya

Mau meninggalkan Jejak? Silahkan Like Pada Facebook/ Follow Pada Twitter/ Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini :) Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s