Blog ini seperti eskampiun….

In this post, I do not writing in English, because there is one I want to tell U, this is about my experience. OK, check this out!

Ada rasa penyesalan memang, ketikamelihat teman-teman, kakak-kakak dan abang-abang, duduk di depan mahasiswa baru dalam rangka mengisi talkshow mahasiswa berprestasi di loby gedung C, Fakultas Teknik Universitas Riau. Iya, saya hampir saja mengikuti ajang mawapres itu. Namun berhenti di tengah jalan karena takut, tidak yakin, tidak mampu, dsb.

Dan beruntung, ketika penyesalan ini saya ceritakan kepada kak Sita (senior saya, -red), beliau bilang UKMI Ar-Royyan mengadakan MUSHLIMAH FAIR, acara kegiatannya itu ada KMB (Kontes Muslimah Berprestasi), lomba nasyid, kreasi jilbab dan tata rias serta seminar kesehatan dan kecantikan. Disini kita hanya membahas KMB. Kontesnya itu sama saja seperti mawapres, tetapi yang ini khusus untuk yang perempuan saja dan hanya di tingkat universitas. Haduh,,, padahalkan menyesalnya tadi tu,.. cuma buat gaya2an aja.. nggak beneran. . Memang benar apa kata pepatah, mulutmu harimaumu yang akan menerkammu, tidak mungkin saya menarik ulur dan maju mundur lagi, kan kasihan kakaknya udah ngasih tahu. Jadi, saya harus bulat-bulat ikut KMB.

Persyaratannya bisa dilihat disiko. Dengan karya tulis yang berjudul Biopori: Lubang RAHMAT (Resapan Air Hujan Menjadi Air Tanah) Atasi Banjir di Pekanbaru, saya memulai perjalanan. Ini adalah karya tulis ilmiah saya yang pertama.

Berikut rincian perjalanan B.E.J.O (baca: untung)nya:

26 September 2012
>> Batas Akhir Pengumpulan Persyaratan<<

  1. Karya tulis belum selesai
  2. Berkas-berkas belum di foto kopi

dan untungnya, diberikan tenggang waktu sampai tanggal 28 September

28 September 2012
>> Technical Meeting<<

  1. Di draft acara MUSHLIMAH FAIR, KMB itu diadakan pada pukul 8.30. Nah, jam segitu kan saya kuliah, dan selesai pada pukul 9.40. Untungnya,,, ada perubahan waktu dan tempat, yaitu di Auditorium FMIPA UR -dekat Fakultas Teknik-, dan sesi untuk KMB adalah Pukul 10.30. Legaaaa,… akhirnya kuliah jalan, KMB pun jalan… aseeekk…
  2. Untungnya, peserta KMB hanya ada 3 orang. Saingan cuma 2 orang. Assseeekkk
  3. Dan salah satunya adalah Adni Luthfi Rafiqa, mahasiswa HI (Hubungan Internasional yang juga mantan adik kost yang saya tahu bahwa dia mahir dalam bahasa asing ketimbang saya. #PatahSemangat. Dan untungnya, kak Sita mengatakan: jangan khawatir, bahasa inggris bukanlah poin utamanya. #AgakTenangSikit
  4. Kata kak Sita, karena ada presentasi karya tulis, jadi masing-masing peserta KMB harus menyediakan Slide untuk presentasi.

29 September 2012 -HariH-

>> 01:00 <<

membuat power point sampai jam 3. Lalu tidur

>> 07.00 <<

Ingin mengedit PP, tapi agar tidak kacau saya mengurungkan niat saya untuk mengubahnya. Lalu bersiap-siap ke kampus

>> 10:30<< Salah masuk Ruangan

  1. Ketika pintu Auditorium FMIPA dibuka, saya melihat banyak peserta memakai baju hitam putih dan ada seorang pemateri. MUSHLIMAH FAIR itu kan khusus muslimah, kok ada yang cowok..??? Saya sudah yakin ini salah masuk. Pasti salah masuk. Gimana ini.??? Pintunya sudah dibukak, tidak mungkin di tutup lagi jelas kali kalau salah ruangan. Untungnya, hari itu saya juga memakai kemeja putih dan rok hitam. Dengan PD (Percaya Diri) saya memasuki ruangan itu. Semua mata terarah pada orang yang baru masuk ini, mereka tahu bahwa saya bukanlah bagian dari mereka. Mereka adalah para mahasiswa baru 2012 program studi Manajemen Informatika FMIPA UR yang sedang mengikuti training. Astaghfirullah,,, jadi acaranya dimana..??? mengubah tempat kok nggak bilang2..??? Percuma donk saya capek2 datang technical meeting kemaren..??? Arrggghhh.. Setelah 10menit duduk di dalam ruangan itu, saya keluar bak orang yang permisi.
  2. Sesampainya di luar, saya menghubungi kak Sita. Dan tahukah kamu apa yang terjadi..?? HPnya MATIIIIIIII….. lalu saya menghubungi idel-teman yang sering dapat info kegiatan UKMI-, telpon nggak di angkat, SMS  tidak dibalas… ArrrrrgggggggHHHhh saya mau bertanya pada siapa lagi..??? Pada rumput yang bergoyang..???
  3. Aha, saya punya print out draft acara. Berharap disana ada tertera nomor HP yang bisa dihubungi. Untungnya ada. Hey kawan, tidak semudah itu. ternyata digit nomornya KURAAAAAAAAAnnnnGGGG…. ALA MAK JANGggg,…. mimpi apa awak semalam…..
  4. Muter-muter di FMIPA dengan sepeda hijau yang setia menemani  berpanas-panasan. Lalu berhenti di musholla FMIPA. Saya bertanya dan untungnya sang kakak tau dimana tempat acaranya yaitu di FAPERTA (Fakultas Pertanian). Saya langsung capcus ke sana.
  5. Sesampainya disana…untung, KMB belum di mulai. Saya mengambil nomor lot dan mendapatkan nomor 2. Jadi saya nampilnya di urutan yang ke dua.
  6. Maklum, jam karet jadi KMBnya di mulai pada pukul 11.45.

>> 11:45<<

  1. Ternyata,.. kandidat yang tidak saya kenal itu juga HI. Tentu mereka lebih pintar berbahasa Inggris dan mereka pintar berkomunikasi. Gawat ini… Gawat.!!!
  2. Kandidat pertama tampil. Untungnya, dia tidak menggunakan power point. Ini harus dimanfaatkan, saya harus lebih dari dia. Lalu, pada sesi pertanyaan bahasa inggris yang di tanya adalah “what’s Ur hobbies?”.  Semoga saya juga diberi pertanyaan yang seperti ini.
  3. Waktu dzuhur sudah masuk, untungnya saya tampil setelah ISHOMA (Istirahat, Sholat, makan). Jadi saya bisa sholat dan berbedak dulu, biar semakin PD. Acara di mulai kembali pada pukul 13.30

>> ISHOMA<< dapat motivasi euy,, dari orang asing

Setelah sholat, saya menunggu di AULA itu, seseorang yang tidak dikenal menghampiri saya. Elis namanya. Ternyata, dia:

  •  juga ingin mengikuti KMB, bahkan sudah memikirkan karya tulisnya sebelum bulan Ramadhan. Nah, saya tau infonya 2 minggu setelah lebaran. Namun takut berbahasa Inggris, dia pikir presentasinya itu dalam bahasa inggris
  • Ikut lomba karya tulis ilmiah saat FKIP EXPO, itu adalah krya tulisnya yang pertama. Juri mengatakan bahwa karya tulisnya itu menarik. Juri mengatakan bahwa dia harus yakin atas tulisannya, agar juri yakin bahwa dia itu memang pantas untuk menjadi juara
  • Dan akhirnya, dia juara 2 lomba karya tulis ilmiah itu

Asyyyiiikk,.. saya dapat motivasi sebelum tampil. Untung bukan..??

>> 13:30<<

  1. Saya tampil, agak gugup tapi harus berusaha untuk tenang
  2. Untungnya saat diawal-awal saya sadar kalau ngomongnya terlalu cepat, jadi bisa saya ubah.
  3. Panitia mengatakan 2 menit lagi, padahal masih ada beberapa hal lagi yang mau saya sampaikan
  4. Juri suka dengan karya tulis saya,apalagi menggunakan hitung-hitungan. Ini menjadi nilai plus tersendiri bagi karya tulis saya.
  5. Di sesi pertanyaan, sebisa mungkin saya menjawabnya. Ketika pertanyaan bahasa inggris, what’s Ur ambition? Saya menjawab pertanyaan juri dengan vocab yang seadanya, tanpa terbata-bata dan berlagak pintar bahasa inggris. padahal dalam hati saya berujar,.. bilang apa lagi yaa..??Di tanya 1 di jawab 1, yaa saya menjawabnya dengan singkat biar nggak jelas kali begoknya… hahaha…
  6. Dan akhirnya mereka bertepuk tangan untuk sayaaa… heheheh jadi malu..
  7. Kemudian yang tampil adalah Adni. Dia membahas Human Traficking, bagaimana jual beli anak dan perempuan, bagaimana keadaan para wanita yang di pajang bak di etalase… ihhhh…. mengerikan dan ini adalah pembahasan yang bagus, terlebih semua yang hadir adalah muslimah. Juri juga memuji karya tulisnya… Ketika disesi pertanyaan berbahasa inggris,, wah dia menjawab dengan bagus, juri semakin menambah-nambah pertanyaannya..

30 september –pengumuman

Ada 3 piala untuk KMB yang disediakan panitia. Otomatis semua peserta membawa piala, kan pesertanya cuma ada 3. Saya yakin saya tidak di posisi 3, namun saya tidak yakin di posisi pertama. .

Pengumuman pemenang untuk kontes muslimah berprestasi.
Juara 3 di pegang oleh Khairunnisa. Wah,,. berarti yang kedua mungkin saya :(…
Juara 2 dipegang oleh Adni Luthfi Rafiqa.. itu artinya, saya juaraaaaaaaaa..???

1 hal yang ingin saya katakn:

…. Ini bukan perang, Sob,,, jadi maju aja, nggak bakalan tewas kok.. minimal dapat pengalaman…siapa tau menang, kan lumayan….

Comments on: "Serentetan B.E.J.O di Balik Perjalanan Panjang Ku Mengikuti KMB (Kontes Muslimah Berprestasi)" (2)

  1. You could definitely see your expertise within the work you write.

    The sector hopes for more passionate writers such as you
    who are not afraid to mention how they believe. Always go after your heart.

Mau meninggalkan Jejak? Silahkan Like Pada Facebook/ Follow Pada Twitter/ Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini :) Terimakasih :)

