Blog ini seperti eskampiun….

do you know, where is Lamongan?

Lamongan is a regency in  East Java on Java island.

what happened over there?

ARIDITY,…..

  1. Krisis air bersih, yang terjadi di lamongan beberapa bulan terakhir ini, semakin memprihatinkan. Bahkan, sejumlah desa terpaksa meminum air kotor bercampur dengan lumpur yang dijual oleh warga dengan harga yang cukup tinggi.
  2. Semenjak tiga bulan terakhir (semenjak bulan juni, –esk), warga yang berada di desa ini, kesulitan mendapat air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Setelah menggunakan air kotor untuk mandi, mencuci, serta memasak, kini warga setempat terpaksa harus meminum air yang bercampur dengan lumpur.
  3. Tragisnya lagi, telaga kotor yang berjarak sekitar 3 Km dengan pemukiman penduduk, membuat warga terpaksa harus membelinya dari sejumlah warga yang menjual air comberan ini. Kamid, salah satu warga yang menjual air kotor ini, mengaku, semenjak sebulan terakhir warga terus antre untuk membeli air darinya. Selain untuk mandi, dan mencuci, warga juga menggunakan air ini untuk minum. Dalam sehari, Kamid mampu menjual 25 ciregen dengan harga setiap cirigennya Rp. 1.000. Meski air ini bercampur dengan lumpur yang dapat merusak kesehatan, namun warga terpaksa menkonsumsi lantaran tidak ada pilihan lain.
    (www.pramesnet.com)—————————————————————————
  4. Sejumlah embung, waduk maupun sumur galih tidak lagi bisa diharapkan karena mongering. Diantara ratusan waduk yang ada, tinggal Waduk Gondang yang menyisahkan sedikit volume air.
  5. Ribuan warga puluhan desa itu biasanya hanya mengandalkan air tadah hujan, sumur dan telaga, namun kini kondisi telaga dan sumur mengering (berarti lebih parah dari musim kemarau yang sebelumnya, –esk).
  6. Bupati Lamongan Fadeli meminta PDAM selalu siap setiap saat
    masyarakat membutuhkan suplai air. ”Saya minta sepuluh tangki yang ada harus selalu terisi penuh dan siap melayani kebutuhan masyarakat di daerah yang kekurangan air,”pinta Fadeli.Untuk daerah yang masyarakat atau desanya termasuk rumah tangga kurang mampu, air dari PDAM harus digratiskan. Tapi untuk wilayah yang kurang air dan masyarakat mayoritas mampu, seperti di Perum Graha Indah bisa diberlakukan tarif 50 persen dari harga normal.
    (www.tribunnews.com)

Mau meninggalkan Jejak? Silahkan Like Pada Facebook/ Follow Pada Twitter/ Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini :) Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s