Blog ini seperti eskampiun….

BOD (Biochemical Oxygen Demand) merupakan analisa mengenai banyaknya oksigen yang dibutuhkan oleh bakteri selama penguraian senyawa organik pada kondisi aerobik. Dalam hal ini dapat diinterpretasikan bahwa senyawa organik merupakan makanan bagi bakteri. Parameter BOD digunakan untuk menentukan tinkat pencemaran oleh senyawa organik yang dapat diuraikan oleh bakteri.

Pengukuran BOD terdiri dari pengencaran sampel, inkubasi selama 5 HARI pada suhu 20°C dan pengukuran oksigen terlarut selama inkubasi menunjukkan banyaknya oksigen yang dibutuhkan oleh sampel air.

MENGAPA 5HARI.???

Pengukuran selama 5 hari, hanya menghitung sebanyak 68% bahan organik yang teroksidasi, tetapi suhu dan waktu yang digunakan tersebut merupakan standar uji karena untuk mengoksidasi bahan organik seluruhnya secara sempurna akanmemerlukan waktu yang lebih lama, yaitu sampai 20hari, sehingga dianggap tidak efisien..

UJI PARAMETER BOD

Nah, untuk uji parameter berdasarkan SNI, dapat di download disini

nah, gimana,.. apa pertanyaanmu sudah terjawab? atau memiliki jawaban yang lebih kompleks? silahkan saja berbagi disini🙂

Daftar Pustaka:

HS, edward. 2010. Diktat Kimia Lingkungan. Pekanbaru
Hafidawati, dkk. 2012. Penuntun Praktikum Laboratorium Lingkungan. Pekanbaru

Sumber gambar: bulekbasandiang.wordpress.com

Mau meninggalkan Jejak? Silahkan Like Pada Facebook/ Follow Pada Twitter/ Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini :) Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s