Blog ini seperti eskampiun….

huuuwwwwww... Pedas

Makin dicolek makin PEDASSSS….MSN Onion Emoticon Set
apalagi waktu makan ayam penyet bersama teman-teman di raudha… ummm,, mak nyosSS,,

Kok cabe bisa pedas.??

Cabai mengandung capsaicin, yaitu suatu zat yang tidak hanya akan menambah rasa pedas pada makanan Anda, tetapi juga memanaskan perut.

Menurut ScienceDaily, capsaicin pada tanaman cabai berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap predator alami. Ini adalah senyawa yang menyebabkan rasa terbakar dan panas saat disentuh atau di makan.
[dikutip dari blog-santai.com]

Pedas dapat diredam dengan Air Panas, Garam, Makanan yang manis-manis dan buah Nanas

1. Air Panas
Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, pedas dapat diatasi dengan meminum AIR PANAS. Kenapa?

Kalo kita minum air panas, lidah kita langsung terbakar. Rasa pedasnya semakin menjadi-jadi. Waktu efek air panas itu ilang, lidah kita kembali lagi ngerasain pedesnya cabe tadi. Nah, mungkin di sinilah yang dikatain orang-orang pedesnya ilang. Sebenernya nggak ilang, cuma gara-gara kita habis ngerasain pedes yang lebih, begitu kita balik lagi ke ‘posisi’ awal, jadi pedesnya terasa mendingan. Padahal sama aja
……….
Justru SALAH BESAR kalo kita berniat menghilangkan rasa pedas cabai menggunakan air. Salah. Capsaicin itu zat hidrofob–tidak larut dalam air. Jadi sia-sia aja usaha kita ngilangin pedes pake air. Yang ada malah nyebar ke seluruh bagian mulut rasa pedesnya. Bisa sih bisa-bisa aja. Cumanya lama.
[dikutip dari chaochao.wordpress.com]

2. Garam
Lalu, rasa pedas juga bisa dihilangkan dengan GARAM. Ketika makan cabe yang terlalu pedas, papa sering bilang ‘ko tando ladonyo kurang garam’ [baca: ini berarti cabenya kurang garam], itulah kata papa yang sudah bisa masak sejak SMP (maklum, waktu itu hidup serba susah, jadi harus bise segalenye termasuk masak. Mungkin ortu anda juga begitu🙂 )

3. Gula
Ketika saya kepedasan, saya suka mencari gula. Ato susu ato permen ato apalaa.. Pokoknya yang manis-manis.  Um, rasa pedas sedikit lebih berkurang. Sudah lama saya buktikan. Ini juga merupakan ajaran papa saya… hehehe {jadi kangen papa😦 . Maklum, nak rantau pengen pulkam}

4. Kemaren sore, saya iseng-iseng nonton acara kuliner di tipi. Katanya BUAH NANAS bisa mengatasi pedas. Lho, kok bisa?
itu masalahnya, saya juga tidak tahu…
Terlepas dari 4 cara diatas, saya menyarankan…. Pedas???? Onion IconsNikmati aja…. MSN Onion Icons

Mau meninggalkan Jejak? Silahkan Like Pada Facebook/ Follow Pada Twitter/ Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini :) Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s