Blog ini seperti eskampiun….

Atasi Bau Mulut

Segan berbicara karena bau mulut?
Atau anda malas berbicara dengan orang yang mulutnya berbau?

Tenang, disini saya akan mencoba untuk membantu🙂

Masalah bau mulut, biasanya dihadapi oleh semua yang menjalankan puasa. Hal ini sering menimbulkan ketidaknyamanan dan menjadi hambatan dalam pergaulan. Dalam dunia kedokteran, bau mulut dikenal dengan istilah halitosis. Cara paling mudah untuk meredam bau mulut selama berpuasa tentu saja rajin membersihkan gigi, terlebih setelah makan sahur. Parahnya, kebiasaan ini juga tidak mudah bagi sebagian orang. Selesai sahur, banyak orang malas gosok gigi, malah langsung tidur lagi. Padahal, setelah 30 menit tak makan, keasaman mulut akan meningkat karena sisa asam tidak diangkat.

Bagaimana cara mencegah bau mulut disaat kita menjalankan ibadah puasa?
Berikut ini ada beberapa tips khusus yang bisa anda terapkan atau anda sarankan ke teman anda :

1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan MENGGOSOK GIGI DAN LIDAH secara benar, setelah makan dan menjelang tidur. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Jika menggunakan cairan kumur, jangan memakai cairan dengan kandungan alkohol di atas 25 persen karena memicu risiko kanker rongga mulut. Tapi harus hati-hati. Jangan sampai airnya terminum (apalagi dengan sengaja) karena dapat membatalkan puasa.

2. PERIKSA KE DOKTER GIGI, minimal enam bulan sekali. Bila ada waktu, lakukan spa gigi dua kali dalam sebulan untuk menjaga kesehatan gigi.

3. HINDARI ROKOK DAN ALKOHOL karena berefek memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Alkohol mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut.

4. KONSUMSI makanan/ minuman yang dapat mengurangi bau mulut, seperti:
a. Lemon
Irisan lemon yang biasanya disisipkan saat kita makan di restoran bukanlah tanpa sebab.Karena potongan lemon itu bisa menetralkan bau mulut ataupun aroma makanan yang cukup kuat. Contohnya seperti aroma kambing, ataupun aroma bawang.
b. Wortel
Pada saat mengunyah makanan yang mengandung banyak serat, itu akan membantu mulut memproduksi air liur yang menciptakan pembersih mulut alami. Umumnya dokter gigi menyarankan untuk sering mengunyah wortel ataupun apel, untuk mengurangi bau mulut. Selain enak, seratnya pun baik untuk kesehatan pencernaan dan membantu juga bagi anda yang tengah menjalankan diet.
c. Teh Hijau
Teh hijau mengandung bahan aktif catechin yang dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Minumlah 2-5 cangkir teh hijau sehari.
d. Yoghurt
Yoghurt adalah minuman prebiotik yan baik untuk pencernaan. Jika dikonsumsi setiap hari, atau minum atau makanan probiotik dapat membantu memelihara kesehatan pencernaan. Apabila sistem pencernaan lancar, maka bau mulut pun dapat dicegah. Tapi jika anda bermasalah pada lambung, konsumsi yoghurt sebaiknya dibatasi.
e. Daun Mint
Daun mint bisa membantu menghilangkan bau tak sedap karena mengkonsumsi bawang bombay ataupun bawang putih. Biasa ditaruh dalam makanan atau minuman sehingga memberikan efek yang segar di mulut dan aroma yang enak. Selain daun mint, anda bisa juga menggunakan kayu manis jika ada.
f. Air Putih
Cara terakhir namun cukup ampuh untuk mengurangi bau mulut yaitu dengan meminum air putih. Sebab dengan meminum air putih, dapat merangsang saliva dengan baik. Dan berkumur dengan air putih dapat membantu mengeluarkan kotoran dari sela-sela gigi yang menjadi penyebab bau mulut.
g. Keju
Keju yangrendah karbohidrat, tinggi kalsium dan mengandung fosfat, dapat memperkuat email gigi, meningkatkan produksi air liur dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.

5. HINDARI MENGONSUMSI makanan/minuman yang beraroma ‘aduhai’ seperti petai dan jengkol saat bersantap sahur

6. Air rebusan daun sirih dapat digunakan untuk BERKUMUR setelah makan sahur. Air rebusan sirih berfungsi sebagai antibakteri penyebab bau mulut.

Sumber:

chikastuff.wordpress.com, miftah.wordpress.com, bau mulut saat puasa, penangkal bau mulut, marhabanyaromadlon.blogspot.com, dan avanzaxenia.net

Mau meninggalkan Jejak? Silahkan Like Pada Facebook/ Follow Pada Twitter/ Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini :) Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s