Blog ini seperti eskampiun….

Printernya masih baru, sekitar satu bulanan tapi udah bermasalah.onion-emoticons-set-6-58

Berawal dari pemberitahuan yang katanya tinta printer habis,.. padahal di tabung infus masih banyak…

Kemudian iseng-iseng saya bukak kartrijnya. Malah makin parahonion-emoticons-set-5-28, katanya kartrij tidak terpasang,.. Waduh.. ya, wajar sih, baru pertama kali bukak kartrij… #modal nekat… hehehe..

Trus saya bongkar lagi,.. pasang bukak tutup kartrijnya,.. iseng-iseng berhadiah, .. sekarang kartrijnya sudah aman… #humh,, legaaonion-emoticons-set-6-142……. karena tidak ada pemberitahuan bahwa kartrijnya belum terpasang……. tetapi,…pemberitahuannya adalah

kesalahan 5100…#jiyah,,, sama aja boong… onion-emoticons-set-6-24..

Picture2

Kemudian saya coba browsing solusinya di google, dan dipertemukan dengan blognya pak Adi Paryanto Wah,.. ada banyak orang yang memiliki masalah printer disini,.. tapi tidak terlalu banyak solusi.. kemudian saya gulir ke bawah dan melihat tulisan:

Cara manual aza, caranya: (wah, keren nih,.. ini yang saya cari)
– Cabut jek listrik printer
– Tekan dan tahan tombol power
– Colokkan jek listrik printer
– tekan 2x tombol bawah dari power
– Kemudian lepas tombol power.
Semoga berhasil…..???? [Oleh: Leonardo. 17 Mei 2008]

Kemudian saya coba,.. n masih juga tidak berhasil…. tidak ada perubahan sama sekali..

Kemudian saya coba mengikuti instruksi dari Eko Supriyanto:

Berikut Cara Reset Canon IP2770 Error 5200 :
1. Printer dalam keadaan mati dan kabel listrik terpasang.
2. Tekan tombol RESUME 2 detik
kemudian tekan tombol POWER sampai lampu hijau nyala (saat menekan tombol POWER, …tombol RESUME jgn dilepas dulu)
3. Kemudian lepas tombol RESUME, tapi jangan lepas tombol POWER.
4. Sambil tombol POWER masih tertekan, tekan tombol RESUME 5 kali. Led akan menyala bergantian orange hijau dengan nyala terakhir orange. (jangan sampai keliru 4x karena printer akan mati total, tapi sifatnya sementara juga) Kemudian …
5. Lepaskan kedua tombol bersamaan.
6. Led akan blink sebentar kemudian akan nyala HIJAU.
7. Dan Komputer akan mendeteksi hardware baru, abaikan saja…
8. Tekan tombol POWER, maka printer akan mati.
9. Tekan lagi tombol POWER maka printer akan nyala dan … PRINTER iP2770 sudah siap digunakan.

Setelah saya coba. biasa saja…Ya,, wajar sih,, masih sama aja… karena tips diatas untuk  error 5200, bukan 5100..

Kemudian saya kembali membaca blognya pak Adi Paryanto ada kata-kata dari adminnya seperti ini:

Kemungkinan lobang udara pada tabung infus ada yang mampet.

kemudian saya bolah balikkan tabung infus,… humh,,… sama aja.. 😦

Saya coba lagi ngPrint,.. masih tetap tidak bisa…

Adalagi dari  ismiaprial.blogspot.com

Cara memperbaiki error 5100 adalah dengan membuka penutup printer dan kemudian merapikan selang infus. Dalam hal ini, Anda harus mengetes pergerakan cartridge dulu dengan menggeser-geserkan cartridge dengan tangan Anda dan memeriksa apakah selangnya tidak lagi mengganggu waktu Anda menggeser cartridge. Setelah Anda merasa letak dan panjang selang infus di dalam printer sudah pas, lekatkan selangnya dengan selotip pada tempat tertentu yang kira-kira tidak membuat pergerakan cartridge terganggu. Setelah itu, tutup printer Anda dan hidupkan. Biasanya printer Anda tidak akan menampilkan pesan error lagi.

Kalau pemberian selotip ini, ketika saya membeli printer, sudah langsung diselotip sama si penjualnya… Tetapi setelah saya membaca tips ini, saya cek lagi slang infusnya,… kali aja slangnya memang terganggu…

Lalu saya coba ini: Langkah-langkah Memperbaiki Error 5100 Pada Printer Canon IP2770  dari solution-computer.blogspot.com :

1. Matikan printer

2. Keluarkan kedua Cartridge dari printer

3.Gunakan kain yang dibasahi dengan Alkohol untuk membersihkan permukaan kontak/konektor terminal Catridge yang menyentuh printer/ bisa juga menggunakan karet penghapus pensil

4. Pasang kembali kedua Catridge

5. Hidupkan printer.

Saya tidak berani melakukan langkah nomor 3, pertama karena di kost tidak ada alkohol, adapun alternatif dengan menggunakan penghapus, saya takut kalau-kalau malah makin rusak. Jadi saya memutuskan untuk menggunakan tissue saja.

Setelah melakukan tips dari ismiaprial.blogspot.com dan solution-computer.blogspot.com diatas, saya coba lagi ngPrint,.. dan alhamdulillah, BERHASILLLLL… ya, walaupun pemberitahuannya ‘kedua tinta hampir habis’, yang penting bisa ngPrint…

Picture1

semoga kamu juga seberuntung… selamat mencoba……onion-emoticons-set-6-81

 

Lain kali coba ini ah….beritamandiri.com

Bila anda baru pertama kali menggunakan tinta infus, maka suatu saat akan muncul suatu pesan error yang mengakibatkan anda tidak bisa mencetak. Hal ini adalah normal, karena cartridge didesain oleh pabriknya memiliki umur cetak. Solusinya adalah tekan dan tahan tombol resume pada printer anda selama 5 detik. Maka printer akan kembali dapat mencetak seperti biasa. Maksud dari menekan tombol resume, adalah mengabaikan pesan error tinta habis.

Comments on: "Masalah Printer: Kesalahan 5100" (6)

  1. ini persis seperti yang ku alami tapi aku tdk bisa mengatasinya 😦

    Suka

  2. dwi hendratno said:

    Saya juga baru saja mengalami problem kesalahan 5100. dan sudah bisa saya atasi dengan cara:
    – Matikan printer
    – Buka tutup printer kemudian ganjal swit/tombol penutup yg ada di sebelah tombol on/resume dengan gulungan kecil dari tisue/kertas
    – Kemudian nyalakan printer lagi, dan coba untuk mencetak. perhatikan apakah lintasan selang infus berada pada lintasan yg benar. Jika mengganjal mk posisikan agar selang infus tidak mengganjal gerakan tabung tinta.
    Saya sdh membuktikan dan berhasil. SELAMAT MENCOBA…..

    Suka

  3. Coba dibuka tempat tintanya, saya berhasil dengan cara itu 🙂

    Suka

  4. as. print sy mengalami erroe 5100, smua tips disarankan udah sy coba, skrng masalahx lagi catrid sudah bisa bergerak tp gerakanx keras sekali kembal ke ke posisi kiri, minta saran dan solusix dong, trims sblm d sesudahx. wslm

    Suka

Mau meninggalkan Jejak? Silahkan Like Pada Facebook/ Follow Pada Twitter/ Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini :) Terimakasih :)